Komentar

Seleksi Tilawatil Quran (STQ) yang salah satu tujuannya untuk menciptakan generasi muda Qur'ani unggul di Kabupaten Subang ditutup pada Minggu, (23/5) di Aula Asrama Haji Kabupaten Subang.

Selain itu penetapan Dewan Hakim Tilawatil Quran Kabupaten Subang sebagai tim penilai juga sesuai dengan surat keputusan Bupati Subang.

Pada penutupan tersebut Ketua Penyelenggara mengatakan bahwa hasil kegiatan STQ ke-17 Tingkat Kabupaten Subang tahun 2021 telah dilaksanakan dengan baik dan melahirkan qoriah terbaik.

Peserta yang mendaftar dalam kegiatan STQ terhitung ada 325 orang namun yang hadir mencapai 75 persen, beberapa di antaranya pun tak memiliki keterangan.

Panitia berharap bahwa lewat kegiatan STQ mampu mendapatkan hafidzh terbaik sebagai aset untuk mendukung generasi Qur'ani khususnya di Kabupaten Subang.

Proses seleksi yang dilakukan secara ketat sebelumnya dibagi menjadi empat titik di beberapa kecamatan demi mencegah kerumunan selama pandemi virus corona baru (Covid-19).

Sementara itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Dewan Hakim Tilawatil Quran ke-17 Tingkat Kabupaten Subang yang ditetapkan pada 23 Mei 2021, terdapat tiga qoriah atau peserta terbaik dari masing-masing putra dan putri.

Peserta terbaik putra pertama bernomor 038 asal Cibogo yakni Walid Muzayun Fakhrozi dari Kecamatan Cibogo dengan nilai sebanyak 81. Peserta nomor 022 yang memiliki nilai 80 asal Kecamatan Blanakan merupakan qoriah terbaik kedua yaitu Walid Muzayun Fakhrozi.

Sedangkan peserta terbaik putra ketiga bernilai 77 yaitu Muhammad Naufal Abdul Falim bernomor perserta 014 asal Kecamatan Pagaden.

Tiga Qoriah terbaik putri yang pertama bernomor peserta 039 adalah Ratu Ukhiat asal Kecamatan Pamanukan meraih nilai 87.

Nilai tertinggi kedua adalah peserta nomor 037 asal Kecamatan Ciater, Alfia Nur Hayat. Selanjutnya peserta ketiga terbaik putri yaitu Nur Azizah dengan nilai 78 asal Kecamatan Kasomalang.

Dewan Hakim STQ juga menetapkan juara umum tahun ini yang dimenangkan oleh Kecamatan Kalijati selama enam kali berturut-turut. Piala juara kemudian diterima langsung oleh Sekretaris Camat (Sekmat) Kalijati, Dadi Iskandar, S.STP.

Adapula juara favorit diraih oleh Kecamatan Pamanukan dan Kecamatan Patokbeusi sebagai peraih juara pembinaan.

Tak hanya itu, panitia mengumumkan pemenang dari berbagai cabang tilawatil quran yakni cabang satu juz, golongan lima juz tilawah, golongan 10 juz tilawah, dan golongan 30 juz tilawah.

Hasil kejuaraan tersebut kemudian ditindaklanjuti dalam bentuk pembinaan untuk persiapan SQT tingkat Jawa Barat yang akan diadakan pada 6 Juni 2021 mendatang.

Peserta yang akan mengikuti ke tingkat selanjutnya diambil dari peserta kesatu dan kedua terbaik putra-putri. Sedangkan tafiz quran menurut panitia dilangsungkan keesokan harinya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua LPTQ Subang sekaligus Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakat dan SDM, dr. Hj.Dwinan Marchiawati, MARS yang mewakilkan Bupati Subang H. Ruhimat menyampaikan ribuan terima kasih kepada berbagai pihak terkait penyelenggaraan STQ kali ini.

"Pelaksanaan STQ ini merupakan wahana pengembangan tilawah dan pendalaman hafalan Alquran dan upaya yang dilakukan tak boleh berhenti hanya sampai sini," ujarnya.

Ia pun mengingatkan kepada para peserta yang belum meraih juara agar terus berusaha. Juga, menginginkan agar STQ bisa dijadikan kesempatan untuk mendalami isi Alquran dengan lebih baik lagi.

"Semoga dapat mempertahankan juaranya dan terus berprestasi karena di tangan kalianlah Kabupaten Subang dapat berjaya," tambahnya.

Acara kemudian ditutup oleh doa dari Ketua MUI Kabupaten Subang. Hadir pula Kapolres Subang, Danramil 0605, Kepala KUA, Kepala Bagian Kesra Setda Subang, Ketua Muslimat NU serta para camat di Kabupaten Subang, serta pihak lainnya.***

KATEGORI

Komentar (Komentar)

MEDIA SOSIAL+