Komentar

Pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat, Kabupaten Subang menjadi salah satu tuan rumah untuk 19 cabang olah raga di sejumlah tempat.

Salah satunya yakni Gateball yang akan dilaksanakan di Cikidang, Sari Ater pada 11-18 November 2022.

Untuk sebagian orang, Gateball masih cukup asing didengar. Namun ternyata, olahraga ini memiliki peminat tinggi apalagi bagi orang-orang yang menyukai olahraga tongkat.

Jika menilik sejarahnya Gateball atau bola gawang ini ditemukan pada tahun 1947 di kota kecil Memuro, Hokkaido, Jepang oleh Eiji Suzuki.

Dikutip Radio Benpas Subang dari Jurnal Milik Yudik Prasetyo yang diterbitkan pada tahun 2012, Gateball ditemukan di tengah-tengah Perang Dunia II yang tujuannya agar anak-anak miskin yang tak memiliki mainan bisa tetap terhibur.

Saat itu, olahraga Gateball lebih dikenal dengan 'croquet' (permainan bola kayu), sejak itu menyebar di seluruh Jepang. Memang, permainan tersebut sangat mirip kroket tapi lebih cepat. Hampir dua puluh tahun kemudian Gateball telah semakin populer, terlebih akan ditandingkan dalam PORPROV XIV Jawa Barat mendatang.

Di Indonesia, Gateball dikelompokkan dalam kategori olahraga rekreasi dan bukan olahraga prestasi.

Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) (FORMI) adalah pihak yang aktif membina para pemain Gateball selain KONI. Sedangkan di level internasional, olahraga ini ada di bawah naungan Perhimpunan Gateball Dunia (World Gateball Union/WGU) yang diketuai Jepang, tempat kelahiran gateball.***

KATEGORI

Komentar (Komentar)

MEDIA SOSIAL+