Komentar

Di Bulan Juni 2024 Kabupaten Subang mengalami deflasi sebesar 0,35 persen berdasarkan hitungan month to month. Sedangkan year on year pada Bulan Juni 2024 menginjak angka 2,5 persen atau masih di bawah target Nasional yakni 2,51.

Informasi tersebut pun tercantum dalam rilis data inflasi yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) melalui website dan disampaikan lewat talkshow Lebih Dekat (Lekat) di Studio Radio Benpas Subang pada Rabu, (3/7).

Kali ini Affan Afriyana, SP., selaku Ketua Tim Distribusi menjadi narasumber dalam talkshow tersebut.

Menurutnya ada 11 jenis komoditas sebagai bahan data inflasi salah satunya pembelian rumah tangga. Sedangkan totalnya terdapat 253 komoditas yang didata setiap bulan oleh BPS Kabupaten Subang.

Bila melihat data, selama Januari-Juni 2024 inflasi terbesar ialah komoditas makanan dan minuman sebesar 0,4 month to month.

"Alhamdulillah Kabupaten Subang untuk year to date dan year on year tahun 2025 mendatang masih aman di antara kabupaten atau kota yang lain," ujarnya.

Koordinasi antara BPS dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) juga intens dilakukan perihal kebijakan yang dikeluarkan menurut data inflasi tersebut.

Selain itu, Indeks Harga Konsumen (IHK) yang dihitung oleh BPS disampaikan ke pusat melalui tahapan.

Kabupaten Subang merilis data inflasi dan deflasi di setiap awal bulan dan buka hari libur di website resmi Badan Statistik Kabupaten Subang.*(GK/Radio Benpas Subang)

KATEGORI

Komentar (Komentar)

MEDIA SOSIAL+